havid personal page, Blogging resource, Computers Networking and all interest idea.

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Thumbnail Recent Post

Recent Comments

Posted by Hafidh Fathul - - 10 comments

Insomnia? hampir semua manusia dunia maya kena penyakit yang satu ini terutama cowok, dan saya termasuk didalamnya, jam 7 - 8 agak pusing2 mengantuk tapi saat jam 10 ke atas ini mata bercahaya ampe pagi. So, lirik sana sini eh ada nih ajang pertempuran melawan insomnia. yuk liad ; (maximize aja, gak load page baru koq )





1. Kamar tidur yang berantakan, saking asiknya ama kerjaan dan jg hobi kita ngelupain kamar qta yg berantakan, gimana mo cepet tidur, klo berantakan. ngeliadnya aja mual - mual. yuk beresin kamar, biar rasanya fresh gitu.



2. Pikiran yang kesana - kemari, banyak hayalan juga masalah yang mempengaruhi qta sehingga susah tidur. Cobalah untuk menenangkan diri, yoga, baca buku, tadarus dsb. Jika pikiran tenang otomatis bisa cepet tidur.



3. Kurangi cahaya penerangan, klo anda terbiasa tidur dengan kamar terang benderang, ubahlah kebiasaan anda ini, lebih baik gelap gulita, soalnya klo banyak cahaya ntu mata rasa terjaga terus. takut ama gelap? ya pelan pelan, ganti ama lampu tidur yang remang2 aja, lama - lama pasti terbiasa. O ya tau gak sih akibat tidur dengan cahaya terang? ntu mata kelopaknya bengkak dan berwarna gelap, bedain deh rasanya ama waktu lo tidur dengan tanpa cahaya, sueger, mata jg jadi berkilau - kilau (truink - truink).





4. Kamar Fungky, lo mo tidur apa mo konser sih? kamar penuh ama poster idola, penuh dengan poster - poster cewe bugil, buset gimana mo cepet tidur klo gini. kamar tidur itu tempat istirahat, ya sudah seharusnya kita bikin bersuasana nature n soft.



5. Entertainment dalem kamar, suka nonton tv ampe larut malam jadi gak bs tidur, so jangan taruh tv dalem kamar, cukup di ruang keluarga sana nonton dah, kapan tidurnya klo liad tv terus. Online dikamar? maen game lagi waduh, coba diperbaikin deh, pikirin aja masa depan, sampai kapan insomnia merajai lo. SO, singkirkan biar lo bisa tidur cepet.



6. Sambel alias makanan pedas, Klo anda penggemar makanan pedas, coba kurangin kebiasaan makan pedesnya waktu dinner, bisa bikin detak jantung lebih kencang dan sakit perut. otomatis makan makanan pedas sebelum tidur dapat mengganggu anda.





7. Kerjaan yang numpuk, Biasakan selesaikan kerjaan anda jauh sebelum jam tidur. Jangan tunda kerjaan anda sehingga anda akan mengerjakannya semalam suntuk, kebiasaan ini merupakan penyebab terbesar insomnia.



8. Diet, Anda menjalankan program diet? gimana bisa tidur kalo perut laper, jangan lupa makan malam dulu dan cobalah meminum segelas susu hangat dan kue secukupnya sebelum anda tidur. 







9.  Tidurlah lebih awal, insomnia gak berpengaruh tuh klo anda tidur lebih cepat, cobalah tidur pada jam 8 - 9 pm, karna waktu itu insomnia belum bekerja. bangunnya ternyata jam 12 malam? kenapa? pasti karena kelaperen,  makanya makan dulu baru tidur.



11. MCK, bersihkan diri sebelum tidur, klo gak mo mandi ya gosok gigi, cuci muka n cuci kaki. Gimana bisa tidur muka kusut abis keliling - keliling kota, segarkan diri anda untuk mendapatkan perasaan tenang dan nyaman.



12. Pakaian tidur, pakailah pakain yang bersih dan berbahan lembut gak perlu pakaian khusus koq, kaos oblong  yang longgar aja asal bersih dan lembut, pake dah trus bawahannya span pendek. Jangan mau tidur eh pake jeans trus pakaian ketat, gimana mau enak rasanya.



13. Rokok, selalu ada alasan untuk merokok (logo saya nih wkwk), memang selalu beralasan, untuk yang satu ini tapi cobalah jangan biasakan merokok sebelum tidur,  buat perokok jika anda sudah gosok gigi dan cuci muka, jangan ngerokok lg, langsung rebahkan diri anda karna nikotin mengandung simulant yang sama seperti kafein.



14. Kasur yang kecil, Segera ganti kasur anda dengan ukuran yang lebih lebar dari badan anda dan lebih panjang dari tinggi badan anda, gimana mau tidur klo kasurnya kekecilan, wehehehe.



15.  Kelebihan berat badan, jika anda mempunyai berat badan abnormal dan mempunyai masalah dengan tidur anda, cobalah konsultasikan ke dokter. Mungkin anda terkena penyakit apnea, dimana anda kesulitan bernapas saat tidur. Orang yang terkena apnea tidak beristirahat dalam tidurnya meskipun telah tidur berjam - jam.



16. Alcoholic, jelas - jelas udah dilarang yang ini nih, memang dengan mabok anda akan tertidur, tapi tubuh anda tidak menerima ini, anda mungkin akan terbangun ditengah malam. Tidur memerlukan metabolisme tubuh yang normal, bukan dengan cara mabok tentunya.



17. Posisi tidur, cobalah tidur dengan posisi terlentang, akan membantu tubuh anda lebih relax. Jangan tidur tengkurep karna akan mengganggu pernapasan anda, pasti susah tidurnya klo tengkurep.



18. 8 gelas air putih, banyak - banyaklah minum air putih sesuai rekomendasi kesehatan, 8 gelas usahakan ya. Tapi, jangan minumnya sebelum tidur, ntar tengah malam kebangun tidurnya gara - gara pengen kencing. wakakak ngeganggu namanya, jadi minumnya pagi siang ama sore aja, klo pas mo tidur jangan banyak - banyak.



19. Vitamins, Calcium, vitamins D, C and B-complex membantu membuat pernapasan anda lebih tenang, sangat membantu anda yang terkena insomnia dan juga membuat anda lebih bugar saat bangun dipagi hari.



20. Obat - obatan, Cobalah cek obat - obatan yang biasa anda minum, minuman energi, pil diet, didalamnya kadang terdapat kafein yang mengganggu pernapasan anda, menyebabkan susah tidur.



21. Temperatur, jagalah suhu kamar anda, buat kita yang berada di indonesia, suhu kita terlalu panas, saya anjurkan pake ac / kipas angin biar qta bisa cepet tidur dan tidur nyenyak.



22. Berdoalah sebelum tidur, biar semua gangguan pikiran buat esok hari atopun yang udah dilewatin tidak mengganggu  qta dan juga agar tidur qta aman tetap terjaga olehNya, maka berdoalah sebelum tidur.



23. Suara Berisik, biasakan tidur tanpa musik, tanpa suara berisik, menyatulah dengan suasana sekitar, musik boleh aja tapi jangan dibiasakan juga, keasikan denger lagu eh malah gak tidur - tidur. sebaiknya buat sesunyi mungkin. Ada anjing tetangga? Ambil parang, sembeleh dah biar kagak koar - koar lagi tu anjing. wakakakkaa..





waduh dah jam 12 keasikan nih. kapan tidurnya wakakakaa.. tidur yukz zzzZZZzzzz

10 Responses so far.

  1. Daniel MG says:

    sangat bermanfaat... thanks ya/// keep posting... :)

  2. cumie says:

    thanks commentnya :D bikin semangat lagi dah

  3. AR Eros says:

    tak tambahin ya bro:
    minum yang anget2 sebelom bo2. susu anget atau teh anget, jangan kopi. atau malah minum yang dingin apalagi es, bikin mata tambah melek ntar.

  4. anita mui says:

    Klo aku sihh...soal tidur gk perlu terlalu banyak tip and trik...asal udah bau bantal dlm sekejap ku langsung terbang ke alam mimpi..hhee

  5. Quchie says:

    wah.. thx yak tipsnya..

    boleh nambah2 ga??

    posisi tidur yang baik.. emang sebaiknya jangan tengkurap.. madep ke kanan lebih baik.. gw juga ga tau kenapa alasannya.. mungkin karena jantung kita ada di sisi sebelah kiri..

  6. cumie says:

    wah thx banged tambahannya :D

  7. ammadis says:

    Banyak tips nya yg menarik yaa...Anehnya aku paling senang kalo tidur dengan kamar yg terang...bukanya takut gelap lho...rasanya bersih gitu....

    Tu tambahannya eros koq minum teh hangat...lho, tein-nya teh itu juga justru membuat mata terjaga lho....kecuali klo kamu ada klainan kali yaa...he...he...he...

  8. Ihwan says:

    Thanx tipsnya, saya sampai saat ini masih suka insomnia. gara-garanya dulu tiap hari mengetik sampai larut malam, bahkan dini hari. nah kebiasaan ini terbawa terus sampai sekarang.

Leave a Reply