havid personal page, Blogging resource, Computers Networking and all interest idea.

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Thumbnail Recent Post

Recent Comments

Posted by Cumie - - 2 comments

Tips singkat membuat dan optimasi blog di blogger.com (FOR BEGINNERS ONLY!!)
Buat apa sih Optimasi?
klo menurut penulis sendiri sih artinya mengoptimalkan fungsi blog kita agar dibaca ama penumpang - penumpang internet umumnya dan para blogger khususnya.
jadi gini nih tipsnya:


1. di “Basic” setting tab set blog title untuk keyword yang anda ingin tampil di hasil pencarian search engine Title haruslah 40-65 karakter, (google hanya menampilkan maksimal 65 karakter dalam SERP-nya, dan yahoo sekitar 115 karakter dengan spasi dan tanda baca). usahakan jangan menggunakan kata “and”, “or” dan kata2 lain yang diabaikan search engine. Jangan sekali-kali mengubah title blog anda. Mengubah title akan membuat “robot/spider bingung” dan membuat posisi anda di search engine melorot jauh.
Jawab yes untuk “add your blog to our listing” ini akan meng alert search engines ketika blog anda di update dan juga membuat blog anda tampil diblogger main page ketika anda membuat postingan. Untuk tambahan, bila anda menjawab “no” blogger akan meng shove “nofollow/noindex” meta-tags di header template blog anda yang akan mencegah blog dindex atau di crawl oleh spider.

2. di “Publishing” set “notify Weblogs” to “yes” ini akan send a notification to Weblogs setiap kali anda membuat new post. Weblogs adalah sebuah site yang mengijinkan visitor dan search engine crawler tahu kapan new content di posting di blog. Anda tentu saja ingin visitor dan crawler mengunjungi page anda ketika anda membuat postingan baru.

3.di “Formatting” tab sebenarnya terserah anda, saya personal mengeset number of post di main page antara 5 dan 7.

4.comment tentu saja harus diijinkan dan tidak boleh dibatasi . jangan menampilkan comment di pop up window, karena akan mencegah spider mengcrawl content dari comment tersebut.

5.Site feed. RSS adalah “ rich site summary” atau “ really simple syndication” atau “rdf site summary” terserah anda mengartikannya. RSS pada dasarnya adalah “ a way to stream up the minutes news and updated on your blog”. Alamat RSS feed anda adalah “namabloganda.blogspot.com/atom.xml. (kita bicara cara membuat atom.xml nanti ). dan harus anda ganti nanti ketika anda membakar feed di feedburner.com. jadi untuk pertama kali your feed url adalah “http://namabloganda.blogspot.com/atom.xml’ dan nanti setelah mendaftar di feedburner anda ganti dengan url yang dikasih feedburner.

6.Google Sitemaps
Jangan lupa untuk submit blog anda di http://www.google.com/webmaster/sitemaps
Sebuah Sitemaps adalah listing setiap halaman blog anda, membuat halaman blog anda lebih Google friendly, dan juga bila blog anda memiliki banyak image anda bisa memperbolehkan spider mengcrawl image tersebut dengan mencentang kotak yang ada disamping tulisan “enhanced image search” sehingga nantinya image dari halaman blog anda akan muncul di hasil pencarian http://www.image.google.com tentu saja hal ini akan menambah visitor yang berarti juga menambah klik adsense. menurut beberapa orang yang lebih pintar dari saya Sitemap membuat halaman blog anda lebih cepat terindex di Google.
Satu lagi tentang lebih cepat terindex di Google, usahakan jangan memakai template beta kalau bisa pakailah template classic atau html. Blog saya yang memakai template beta membutuhkan 1-2 hari untuk halaman baru terindex di Google. Sedangkan yang yang memakai template classic dari http://www.isnaini.com Cuma membutuhkan 5-10 menit untuk halaman barunya terindex di Google. Anda bisa mengecek apakah halaman anda sudah terindex di Google dengan mengetikkan “site:namabloganda.blogspot.com” (tanpa tanda kutip) lalu klik “chace” atau “tembolok” bila anda menggunakan Google.co.id . “chace” adalah rekaman google tentang blog anda kapan terakhir kali dikunjungi spider.
Dan terakhir sudah bukan rahasia kalau template xml beta loadingnya lebih lama dari template classic.

7.Technorati
Setiap blogger di planet ini join technorati jadi tidak ada alasan untuk anda tidak mensubmit blog anda ke http://www.technorati.com Technorati adalah Godfathernya blog searching, Tecnorati adalah real-time search engine yang selalu meng-track apa yang terjadi dunia blog. Saat ini Technorati mengindex sekitar 16 juta blog. Technorati otomatis menerima notification dari blog segera setelah blog di update. Ini berarti Technorati meng-track ribuan update yang terjadi tiap jam. Technorati lebih seperti Alexa yang di desain khusus untuk blog. Technorati juga memudahkan anda untuk mencari tahu blog mana saja yang related dengan niche anda. Anda juga bisa melihat blog mana saja yang linking ke blog anda hanya dalam beberapa menit.

8.Feedburner
http://www.feedburner.com adalah sebuah situs yang membantu anda memanage RSS feed blog anda. Anda juga bisa meng track berapa banyak orang yang men subscribe RSS feed blog anda dan juga banyak extra tools lain serta statistic dan informasi yang sangat membantu
Feedburner adalah sebuah free service (yang bisa di upgrade ke paid version) didesain untuk mengoptimasi konten feeds. feedburner bisa dipakai untuk semua blog service. Hampir semua blog services meng generate feed untuk blog anda tapi Feedburner selalu memberi feed baru. Feedburner melakukan ping otomatis ke blog direktori dan newsreaders ketika anda membuat postingan baru.
Tapi agar Feedburner bekerja anda harus bersedia merelakan sedikit tempat di template blog anda untuk Feedburner script.
Anda bisa mulai dengan mengunjungi Feedburner homepage (www.feedburner.com) masukkan alamat blog, lalu Feedburner akan menemukan feed asli blog anda dari url tersebut, setelah itu anda masukkan feed address yang baru dikasih Feedburner ke blog. Setelah membuat username dan password untuk feedburner anda bisa mulai memanage feed tersebut.

9.Seo dan Cara mendapatkan traffic
join mybloglog di http://www.mybloglog.com mybloglog semacam “myspace” untuk bloggers. Anda bisa membuat profil dengan blog yang anda punya. Join bloggers community lain. Dan setelah membuat account anda bisa menambahkan kode yang akan menampilkan most recent mybloglog visitor yang mengunjungi blog anda. Anda juga bisa mencari blog-blog lain yang similar dengan blog anda, menambahkan mereka sebagai contact atau bahkan trade link dengan mereka. 


klo udah baca sekilas, ambil bagian - bagian yang perlu aja jangan terlalu dipaksakan ya. Gak da salahnya kita coba sebagian optimizer di atas.
Ntar mabok laut hanya gara - gara kebanyakan register ke sana - sini.

2 Responses so far.

  1. masKresno says:

    Wah bagus sekali postingnya, cocok buat gue yang masih pemula, thx yah..

  2. blog says:

    hello all who want to listen to the songs india, japan, mandarin, indonesian, arab and other music or want to Hear instruments rapt when relaxed can be downloaded in http://www.worldmusicmp3.blogspot.com, free

Leave a Reply