havid personal page, Blogging resource, Computers Networking and all interest idea.

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Thumbnail Recent Post

Recent Comments

Posted by Cumie - - 4 comments

 Sumber







Artikel ini hasil copy paste dari sumbernya, qeqei minta izinnya ya copas nih, soalnya bukan asal sabet, saya bakal ngadepin hal ini ( biar saya baca sering- sering ). Maklum mahasiswa abadi nih yg kagak pernah nongol di kampus. Stupid dont play banged gitu ( artinye buduhnye bukan maen ). mudah - mudahan temen - temen yg lagi mengerjakan Tugas Akhir terutama mo menghadapi sidang akhir, so langsung baca deh.



1. Malam sebelum sidang

Biasanya, saat sidang terdapat peraturan bahwa kita harus menggunakan pakaian formal. Hal ini harus kita pikirkan, karena pakaian merupakan kesan pertama yang akan diterima oleh penguji. Saran dari saya, gunakanlah pakaian baru, karena pakaian baru bisa memberi tambahan spirit menghadapi hari bersejarah ini. Saya bukan mengajarkan untuk boros, tetapi mempersiapkan semua secara total tentu akan menambah semangat kita menghadapi sidang. (heheheh,,belanja-belanja,,,,)



2. Masukkan semua file-file yang diperlukan untuk sidang ke banyak tempat. Seperti misalnya membawa 10 flasdisk untuk persiapan. Lalu masukkan juga kedalam memory card handphone, bisa juga kedalam ipod anda. Semakin banyak anda mempunyai cadangan data, semakin kecil kemungkinan data anda tertinggal.



3. Bikin catatan-catatan kecil untuk dibaca setiap waktu. Saat kita sidang tentu akan gugup, banyak kata-kata yang terlupa. Jangan sampai hal itu terjadi pada anda. Siapkan catatan-catatan kecil yang dapat anda baca dalam posisi sidang di depan penguji. Seperti membuat catatan dilipatan rok anda, hal ini sangat mujarab, karena ketika anda membuka catatan tersebut, perhatian penguji akan teralihkan, sehingga perbuatan curang anda tidak akan ketahuan. Tapi saran ini hanya ditujukan untuk para wanita, dimohon para pria tidak melakukan. Hal ini bukan karena saya membeda-bedakan gender, tetapi dikarenakan pria tidak menggunakan rok, selain itu jika menggunakan rok, sudah tentu perhatian penguji 100% teralihkan dari acara sidang hari ini.



4. Usahakan datang sebelum jadwal sidang

Jika anda dijadwalkan sidang pada pukul 10 pagi, maka usahakan datang pada pukul 5 pagi. Hal ini akan menggambarkan anda telah benar-benar siap sidang. Selain itu kemungkinan anda telat juga tidak akan terjadi.



5. Pada saat sidang

Sambut penguji di depan pintu sidang, hal ini menunjukan antusiasme anda menghadapi sidang. Salami dan genggam erat tangan penguji anda untuk membuktikan bahwa anda siap sidang. Beri senyum 3 jari dan sinaran mata 70 watt. Ini juga merupakan trik-trik memberikan kesan positif kepada penguji.



6. Dalam ruangan sidang

Ubah interior ruang sidang yang kaku dan memberikan kesan tegang. Siapkan ide-ide spektakuler untuk menghias ruang sidang. Siapkan juga semua koran edisi hari ini. Selain itu snack-snack, minuman, makanan tentu juga dibutuhkan. Hal ini untuk memberikan kesan rileks bagi penguji. Sehingga penguji tidak akan “membantai” anda dengan banyak pertanyaan. Kemungkinan yang terjadi adalah anda dan penguji hanya akan melakukan percakapan persahabatan sambil minum ice capuchino.



7. Pada saat sidang

Untuk mahasiswa arsitektur, tentu membutuhkan animasi 3d dari bangunan untuk menunjukkan bangunan Tugas Akhir kita. Hal itu sudah lumrah, sudah umum. Coba buat animasi 4d untuk penguji dan penonton sidang. Jadi semua penguji dan penonton akan mendapatkan kacamata 4d ketika memasuki ruangan anda. Pergunakan jasa SPG untuk membagi-bagikan kacamata agar tidak mengganggu persiapan sidang anda.



8. Ketika penguji melontarkan pertanyaan yang tidak dapat anda jawab, anda cukup tersenyum manis saja. (sumpah yang ini manjur banget!!) Jangan pura-pura menjawab tetapi malah menunjukkan ketidak-tahuan anda. Saat penguji mulai menerangkan jawabanya, beri mimik seakan anda juga memikirkan jawaban itu. Bisa juga dengan menjentikkan jari telunjuk dan ibu jari anda.



9. Jika penguji memberi pertanyaan yang susah anda jawab lagi, maka coba alihkan penguji dengan menanyakan soal keluarga kepada penguji. Maka cari data tentang penguji sebelum sidang juga dapat anda lakukan.



10.Berdo'a-lah(terimakasih buat mama Sasha, yang udah ngingetin ini), klo semua udah dibaca dan qta dah siap mental, siap jasmani, mari qta berserah kepadaNya, berdoalah agar semuanya lancar dan lulus sesuai yang kita inginkan. Amiiiin.



Semoga trik-trik tadi bisa membantu anda dalam menghadapi sidang yang menentukan. Trik-trik tersebut belum teruji secara teknis dan 9 dari 10 orang tidak menerapkan trik-trik tersebut. Terima kasih.

4 Responses so far.

  1. ririn says:

    hihihi...oke nih,tipsnya.. sip,sip.. ntar mo sidang 4 taun lagi (amiiinn) diinget2 lagi deh..
    hehe

  2. Om.. tmbahin ya tips nya.. satu lagi.."berdo'a sebelum sidang.." hihihi.. *kaboor....*

  3. Soezack says:

    oke benar tu tipsnya,emm tahun depan mudah2an gakda halangan untuk sidang,doakan saya berhasil yah...
    buat admin ayo semangat urus sidangnya,..

  4. Nossa says:

    bujukbutut ,..,., tips and trik baguss bangett sampe2 gua nangiss di tempat gara2 ketawa.,.,.,.

Leave a Reply