havid personal page, Blogging resource, Computers Networking and all interest idea.

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Thumbnail Recent Post

Recent Comments

Posted by Cumie - - 6 comments

Berawal dari banyaknya permintaan teman-teman untuk minta ajarin ngedit photo pake photoshop, maka lebih mudah rasanya jika saya mengajarkan teman-teman saya untuk belajar membaca, satu hal yang selalu harus kita ingat ;

Teori tanpa prakter itu bagaikan omong kosong,
dan praktek tanpa teori itu bakal menyesatkan. 
langsung saja, berikut trik dan tips dari saya :

  1. Sabar, bacalah dahulu sampai selesai baru kerjakan sambil membaca ulang suatu tutorial.
  2. Foto yang ingin diedit harus berukuran besar jika ingin hasil maksimal (makanya tutor ini baik untuk para pecinta kamera DSLR) 
  3. Photoshop Action, silakan ketikkan di google, download lalu gunakan untuk memvariasi foto dengan mudah, usahakan cari action yang tidak mem-flatten image, sehingga kita yang pemula tau bagaimana step by step itu action jalan dan kita bisa tau guna dari layer di photoshop (inilah keunggulan photoshop dari pada editor lain).
  4. Brush, cari saja di google, download lalu install di photoshop cs anda, belajarlah menggunakannya, paling mudah anda bisa mencoba brush awan.
  5. Belajar memotong dan menggabungkan gambar dengan QuickMask, jangan dengan cara lain, karena jika anda menggunakan cara lain, saya jamin anda tidak mahir-mahir menggabungkan foto.
  6. PSD, jika anda sudah bisa memotong dan menggabungkan gambar-gambar, cobalah download psd-psd tertentu, bisa ngopy di laptop saya klo mau, soalnya ukurannya besar-besar. Dari psd-psd ini anda bisa merubah atau menambahkan objek anda sendiri.
  7. Setelah penggabungan satu foto ke foto lain, atau foto dengan suatu psd, jangan lupa finishing dengan photoshop action, ini sangat berguna dimana bisa mengurangi perbedaan contrast, rgb, ataupun resolusi, sehingga hasil editan anda terlihat benar-benar menyatu dan maksimal.
  8. 3N, berlatihlah dengan metode ini, yaitu: Ngeliat, Nyontek (ngopy) lalu New (bikin yang baru alias ditambah-tambahin dengan sedikit ide anda), jika sering anda lakukan, saya jamin anda akan merasa sangat puas dengan trik dan tips saya ini.
  9. Jangan lupa upload ke facebook, dan tag teman-teman anda termasuk saya, karena kita belajar tanpa guru maka kritiklah yang akan menjadi guru kita. INGAT !! terima kritik itu sepedas apapun, dan coba ikuti ! maka pastinya anda akan berkembang dan terus berkembang.
  10. jangan lupa bikin promosi seperti ini : havide.deviantart.com 
Selanjutnya silakan lontarkan kritik dan saran ataupun pertanyaan kepada saya dimana saja, baik di Yahoo messenger, facebook, email, blog ini, deviantart saya dan ketemu langsung dengan saya. Terima kasih.

6 Responses so far.

  1. Lanjutkan...nice post,, hay hay

  2. sotoshop susah2 gampang. betul kata mastah, harus banyak 3N.
    kalo soto banjar, lain lagi ceritanya ya..hehe

  3. nice pass gan, artikel yang agan sajikan sangat bermanfaat buat saya arigatou gozaisimatsu

  4. Saya benar-benar menikmati tema / desain website Anda. Apakah Anda pernah mengalami masalah kompatibilitas browser? Sejumlah pembaca blog saya mengeluh tentang blog saya tidak beroperasi dengan benar dalam Explorer tetapi tampak hebat di Chrome. Apakah Anda memiliki recommendationhs untuk membantu memperbaiki masalah ini?

Leave a Reply