havid personal page, Blogging resource, Computers Networking and all interest idea.

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Thumbnail Recent Post

Recent Comments

Posted by Cumie - - 141 comments

Saya menulis cerita ini dengan serius, bahkan mengingatnya saja saya meneteskan air mata. Semoga tulisan ini  dapat menjadi bahan pertimbangan menjadi kacamata bagi kita semua melihat pendidikan dimasa modern ini.

Adalah adik tersayang yang sedang bersekolah di SMKN 1 Satui, kelas XI Jurusan Teknik Komputer & Jaringan (TKJ). Adik tidak divonis tidak naik kelas tetapi mendapatkan vonis harus istirahat dan mengulang kembali kelas XI tahun depan, padahal Ujian akhir Sekolah masih 1 bulan lagi baru dilaksanakan. Bagaimana bisa?

Kurang lebih 2 bulan yang lalu, Adik melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin) ato masa kita tempoe doloe disebut Magang, di PT. GMK (Gawi Makmur Kalimantan) di Satui Kabupaten Tanah Bumbu. Sepulang magang dalam perjalanan Adik mendapatkan musibah, ia jadi korban tabrak lari sebuah Dump Truck. Sebuah kecelakaan yang merupakan awal dari nasib malang adikku tersayang. Bagaimana tidak? Adikku mengalami luka berat, kaki patah, tangan patah hingga pendarahan didalam paru-paru, hingga hari ini ia tidak bisa menggerakkan tangan kanannya.

Pihak Perusahaan atau pihak sekolah mungkin tidak merasa bertanggung jawab sedikitpun, tak ada bantuan. Ya, memang para dewan guru terhormat sebagian menjenguk, tapi pihak perusahaan PT.GMK (Wings Group) tidak tahu menahu alias tidak mau tahu. Pihak sekolah cukup membantu dengan pengurusan asuransi dimana dana Rumah Sakit saja berkisar 10 juta lebih, dan hingga sekarang, walau segala keperluan  administrasi asuransi pendidikan telah dipenuhi tak kunjung ada kabarnya.

Sungguh menggembirakan baginya ketika ia bisa berjalan dan memulai kegiatan belajarnya di sekolah, walaupun ia masih sakit, ia tetap berusaha sekolah bahkan ia masih sering menelpon atau menemui saya untuk bertanya tentang tugas-tugasnya di Sekolahnya. 

Malangnya ketika ia mencoba membiasakan diri dengan cacat yang dia alami, pihak sekolah menyatakan ia sebaiknya istirahat saja dan mengulang kembali sekolahnya tahun ajaran depan. Ayah dan Ibu mencoba berbagai cara, dari guru wali kelas, guru produktif sampai kepala sekolah telah ditemui. Namun pihak sekolah bersikeras bahwa mutlak adanya Adik saya harus mengulang karena tidak bisa menggunakan tangan kanannya untuk praktikum, sedangkan prakerin tidak dipermasalahkan karena telah menjalani minimal waktu yang diharuskan yaitu 2 bulan.

Saya ini guru!! Nama saya Fathul Hafidh, S.Kom pengajar di SMK Komputer Mandiri Banjarbaru  dan Dosen pengampu di STMIK Banjarbaru. Saya tau persis bahwa sekejam - kejamnya sekolah tidak boleh menghancurkan moral siswa, Siswa yang cacat akibat kecelakaan sepulang dari kegiata sekolah  diucapkan kepadanya "kamu tidak naik kelas" padahal bagi raport saja belum, dimana etika guru? Guru macam apa? sekolah macam apa? untung adik saya tidak bunuh diri, memang tidak, tapi jelas ia menangis tak terisakkan, sakit hati yang mendalam dengan sekolah, dengan Sistem Pendidikan negara tercinta Indonesia. Itu siswa suruh bayar SPP penuh tapi tidak usah belajar, menyabaki sakulahan ja kah? atau berhubungan dengan sekolah yang masih tidak menerima adanya siswa baru cacat? 

Itulah Adik saya dan cerita malangnya, hingga sekarang saya belum bisa berpikir apakah tindakan sekolah itu benar? Semoga bagaimanapun kerasnya pendidikan di Indonesia, bagaimanapun disiplinnya sebuah tempat pendidikan, masih menganggap seorang siswa sebagai manusia yang patut dihormati dan disegani.



foto dari http://today.co.id/read/2011/05/06/30150/komite_sekolah_tak_boleh_tolak_anak_cacat

141 Responses so far.

  1. herro says:

    Bukankah seorang guru "seharusnya" menjadi penopang semangat dan pemupuk mental pada saat siswa berada pada kondisi yang labil? entahlah kl dijaman sekarang ini. Cuma bisa bilang mas Havid dan adiknya yang sabar dan nda larut dengan emosi.

  2. Sabar guru!!! Sebaiknya cerita ini bisa diperdengarkan kepada dinas yang terkait. Saya turut sedih mendengarnya. semoga adiknya guru bisa baik kembali.

  3. Unknown says:

    kk hanya bisa mengucapkan...."Guru di sekolah SMKN 1 Satui itu bukanlah TUHAN"..mgkn ada suatu rahasia indah yg trsembunyi dbalik itu semua..semoga dibesarkan hati keluarga di SUDAN dan ad solusi yg terbaik buat ading, KARMA utk yg menjolimi pasti akan diperlihatkan kpd mereka yg melakukan hal tersebut

  4. Cumie says:

    sekolah adalah wadah pembentukan dan pembinaan generasi bangsa. Sekolah juga motivator dan contoh moral bagi calon orang-orang besar negeri ini. Namun disini, terlihat sekolah tidak lagi membina muridnya. Juga Sekolah sudah tidak memberi motivasi bagi siswa yg terhalang belajarnya karena satu masalah kesehatan. Bahkan sekolah sdh tdk memberi contoh moral yang baik dengan mematahkan semangat adik kita yang ingin meraih cita-citanya..

  5. Anonymous says:

    saya tdk tahu apa maksud dari pihak sekolah adiknya Hafidh... mungkin ada miss comunication atau salah dalam menyampaikan maksud... dan saya maklum sekali dengan perasaan adiknya hafidz.. hancur hati dan pupus perasaan.. ketika melihat teman2 bersorak2 gembira menyambut kelulusan.. kalaupun tidak ada jalan lain.. semoga itu hanya kegagalan yang tertunda.. dan ada hikmah besar di balik kejadian itu.. sabarrr ya..

  6. Biasanya syarat kenaikan kelas di SMA/SMK sbb:
    1. Nilai raport untuk mapel yang dibawah KKM maksimal 3.
    2. Jumlah ketidakhadiran (Alpha atau Izin) maksimal 15 dalam setahun.
    3. Nilai kelakuan minimal baik.
    4. Mengikuti minimal 1 ekskul.

    Jika adik Bapak memenuhi syarat di atas seharusnya berhak naik kelas. Tidak ada alasan karena ketidakhadiran karena sakitpun tidak masuk hitungan. dan nilai mapel yang dipraktikum tsb walaupun tidak tuntas karena masalah sakit tangan, toh itu kan cuma 1 mapel.

    Jangan ragu perjuangkan kebenaran...

  7. Cumie says:

    2. Jumlah ketidakhadiran (Alpha atau Izin) maksimal 15 dalam setahun. inilah yang menjadi alasan adik saya biar dalam keadaan tangan tidak bisa menulis, ia tetap bersikeras sekolah. nilainya selama ini cukup baik.

    terima kasih banyak pak masukannya. saya akan berjuang terus.

  8. jika diperhatikan, satu² alasan sekolah menjatuhkan vonis tersebut adalah karena adiknya cumie tidak bisa menggunakan tangan kanannya.

    saya tak tau jurusan apa dianya, dan mungkin aturan tentang kenaikan kelas sudah disampaikan oleh syam di atas. sebagai sama² pendidik, tentu cumie dan syam lebih faham soal regulasi ini.

    saya hanya bisa beranalogi, dengan program inklusi yg diterapkan oleh salah satu sekolah di banjarbaru (SMAN 4 Banjarbaru) yg menerima siswa berkebutuhan khusus, buta, dll. bahwa dalam hal² tertentu mereka bisa mendapatkan bantuan. yg jelas, sekolah tetap jalan.

  9. setuju, masalah ini sebaiknya diselesaikan dengan para pihak terkait, terutama dinas pendidikan setempat.

  10. ini permasalahan indonesia .pendidikan betul bnget mas

  11. stia aan says:

    untung di jogja masih ada sekolah yang profesional

  12. Sabar,itu mungkin lagi apes aja, semoga ke depan akan lebih baik, komentar juga ya di blog saya www.indojobfair.com

  13. Daiichi says:

    Harus dibicarakan dengan pihak sekolah jika jalan buntu ajukan ke DIKNAS.. jika masih buntu... berdoa pada yang MAHA KUASA.

  14. inicuma says:

    kejem kang sekolahnya, angkat saja kang permasalahannya ke DIKNAS setempat, kalau perlu ke Kementrian Pendidikan Nasional www.kemdiknas.go.id

  15. Pinokio says:

    Numpang komentar nih, blog dan artikelnya bagus juga, komentar juga ya di blog saya www.memebee.net

  16. Very interesting your posting, thanks for putting up.

  17. Here is a great site to create, manage and share you bucket list with friends and family.

  18. This is a great blog posting and very useful. I really appreciate the research you put into it.Superb!

  19. sabar yaa...tuhan telah mempersiapkan sesuatu yg indah kelak :)

  20. saya sangat menikmati artikel ini. sekolah memang tidak lagi memberikan ruang pada kreativitas kita.

  21. Thanks for your enjoy article.The blog is written in such a way that it is so easy to read and understand....I look forward to more updates. =D

  22. The blog is written in such a way that it is so easy

    to read and understand..thanks for putting up :)
    kecantikan

    wajah


  23. I like this website, Thanks for sharing this information. Keep posting more.

  24. I very happy to find this website on bing, just what I was looking for : D also bookmarked

  25. hey..your article so interesting guys :)

  26. Semoga Apa Yang Menimpa Atas Adik Sobat Ini Hanya Allah Yang Memberikan Balasannya Dan Seharusnya Sekolah Sebagai Tempat Pendidikan Lebih Mengerti Dan Bisa Memberikan Kebijaksanaan.Artikel Di Atas Membuat Saya Terharu :'(
    Di Tunggu Kunjungan Baliknya Sobat

    Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

  27. Jangan mudah menyerah, semua itu sudah diatur yang Kuasa. semoga kedepan lebih baik lagi

  28. itulah cermin pendidikan kita saat ini, seharusnya guru itu mendidik, menjadi motivator, membela.
    miris melihat kondisi seperti ini.

  29. terkadang sebuah intansi pendidikan hanya menghiraukan formalitas nya dan lupa akan jasa siswa nya...
    semoga lekas diberi kesembuhan hingga sedia kala lagi..

  30. Unknown says:

    Memang miris membacanya pihak sekolah maupun perusahaan tempat magang tidak peduli, komentar juga ya ke blog saya myfamilylifestyle.blogspot.com

  31. YAH,,,,,, itu lah Indonesia yang kaya makin kaya yang miskin makin miskin... sungguh terlalluuuuuuu!!

  32. seharusnya fasilitas pendidikan di negara ini semakin di tingkatkan apalagi terhadap warga miskin ,


  33. makasih gan atas informasinya

  34. pess 2013 says:


    terimakasih banyak atas informasinya

  35. wisnu ade says:


    postingannya keren banget gan

  36. derty says:

    terimakasih banyak sob atas informasinya sangat bermanfaat buat saya

  37. artikel yang sangat bagus sob sukses selalu ya

  38. pedro says:

    terimakasih atas sharenya, beginilah indahnya saling berbagi satu sama lain

  39. muach says:

    terimakasih banyak atas informasinya sangat bermanfaat buat saya pribadi

  40. v.valdes says:

    Thank you so much for the very useful information for me

  41. airlangga says:

    very good article success is always yes

  42. saya jadi bingung dengan maksud sekolah tersebut untuk mengistirahatkan adik havid, padahal kelulusan sudah hampir di depan mata..
    mungkin para guru sekolah tersebut tidak pernah memiliki seorang anak, jadi tidak bisa merasakan bagaimana rasanya kalau hal tersebut menimpa anak mereka..
    jadi terharu mass dengar ceritanya.. ;(

  43. semoga adik havid dan keluarga diberikan kesabaran dan jalan terbaik untuk selesai dari masalah tersebut, dan semoga para pihak dari sekolah tersebut dapat di bukakan mata hatinya agar lebih memperhatikan perasaan orang lain..
    Tuhan pasti punya rencana indah di balik semua itu.. :)

  44. lagi, lagi, dan lagi..
    permasalahan di negara Indonesia tercinta ini tidak pernah ada habisnya yaa...???
    terkadang para pemimpin terlalu mengedepankan kepentingan sendiri tanpa memperhitungkan orang lain..

    sabar yaaa mass, semoga adik mass dapat segera sembuh total dan kembali melanjutkan sekolahnya..
    aamiin......

  45. orang yang mendzalimi orang lain pasti akan mendapatkan balasannya mas,
    lekas sembuh yaa buat adik havid nya :)

  46. saya jadi ikut merasakan sakit hati dan kesal dengan tindakan sekolah yang kurang dimengerti tersebut.
    apa keputusan tersebut sudah mereka pertimbangkan matang-matang yaa ?
    kok bisa tega gitu yaa?
    dimana hati nurani mereka?!!

  47. yang sabar ya sob, thank's atas infonya

  48. makasih gan atsa informasinya, semoga bermanfaat bagi kita semua,

  49. obat asma says:

    saya suka artikel ini, nice

  50. informasi yang terangkum dakam artikel sungguh bagus, nice,

  51. informasi ini sangat bagus sekali, nice,

  52. terimakasih banyak sob atas informasinya

  53. Salam Silaturahmi dari Layanan Aqiqah Bandung

  54. selamat pagi, kunjungan perdana nih..
    salam kenal dan semoga sukses selalu..

  55. sangat menyedihkan sekali membaca ceritanya, ijin nyimak saja..

  56. nice article. be successful

  57. salam kenal gan, ijin berkunjung dan berkomentar yaa
    semoga artikelnya bermanfaat buat yang bacanya :)

  58. I want to sleep, because it was tired of the comments to the blog pagerank. I hope my blog quickly rose in google, ameen

  59. salam kenal dari saya untuk admin, semoga artikelnya bermanfaat. :-#

  60. salam kenal gan semoga artikelnya bermanfaat bagi sayah, sukses selalu yah gan.

  61. itulah gambaran bangsa ini, dimana semua aspek kehidupan nya sangat amat keras,
    banyak terjadi ketidak adilan d bumi pertiwi ini, seakan menggambarkan betapa angkuh dan rakusnya manusia zaman sekarang yang tidak berprikemanusiaan,
    padahal sudah jelas terpampang dalam pembukaan UUD 1945 yang menjelaskan bagaimana cita-cita bangsa ini,
    sungguh ironi memang, namun inilah kenyataan yang tersaji dalam bangsa kita Indonesia,
    semoga ke depannya tidak ada lagi kasus-kasus ketidak adilan seperti ini, dan semoga ke depan nya bangsa Indonesia semakin maju dan sejahtera masyarakatnya, dan Indonesia menjadi negara yang "Baldatun Thayyibatun Warabbun Ghafur"

  62. artikel yang sangat mengharukan sob, sukses selalu ya

  63. selamat siang, ijin berkunjung dan berkomentar yaa, semoga iformasinya dapat bermanfaat dan menjadi kebaikan di bulan suci Ramadhan ini, aamiin

  64. artikelnya bagus min,. salam kenal dari saya semoga sukses selalu

  65. Welcome to our WEBSITE, just on this occasion we will give away to your knowledge about Plants That Can Heal myoma uteri, well for those of you who want to know please to read the following article about Plants That Can Heal myoma uteri, happy reading :
    OBAT ALAMI MIOM

  66. artikel yang anda buat sangat bagus,, disini kami punya solusi untuk menyembuhkan panas dalam, gusi bengkak, radang gusi, dan berbagai peradangan lainnya

  67. Siang gan, Infonya sangat bagus, terimakasih banyak.. :)

  68. salam sejahtera gan artikelnya bagus dan menarik senang berkunjung kemari

  69. salam sejahtera sob, artikelnya bagus dan enak dibaca senang berkunjung ke sini

  70. Steady really gan information, success is always ok.

  71. nice post gan, artikelnya keren dan enak dibaca senang berkunjung kemari. saya tunggu postingan berikutnya

  72. salam sejahtera saya sampaikan kepada semua hadirin sekalian semoga bahagia selalu, artikel yanga agan sajikan sangat menarik dan enak dibaca senang dapat berkunjung kemari

  73. makasih gan infonya menarik sekali.

  74. blognya keren gan banyak info yang menarik

  75. salam sejahtera untuk agan agan semua semoga bahagia selalu, artikel yang agan sajikan sangat menarik dan enak dibaca senang bisa berkunjung kesini

  76. emboy says:

    Terimakasih atas perhatiannya, semoga bermanfaat

  77. Terimakasih, bermanfaat sekali

  78. artikelnya sangat menarik gan, terima kasih

  79. memang tak sepatutnya pihak sekolah bertindak seperti demikian,
    sangat ironi sekali, semoga pihak sekolah diberikan kesadaran diri, dan semoga kelak tidak ada lagi kejadian serupa menimpa seorang siswa/i pelajar manapun,

  80. terima aksih atas informasinya.. semoga terus menyajikan informasi yang berkualitas

  81. makasih min udah ngeshare artikel yang bermanfaat

  82. infonya sangat menarik gan, semoga sukses

  83. ini sangat keren! Saya tidak kira Ive belajar sesuatu seperti ini sebelumnya. Jadi baik untuk menemukan seseorang dengan beberapa ide asli pada subjek ini. benar-benar terima kasih untuk awal ini sampai. situs web ini adalah sesuatu yang diperlukan di web, membantu pekerjaan untuk membawa satu hal baru untuk Web!

  84. http://apotekherbals.com/obat-alami-benjolan-di-hidung/

    Terimakasih, Semoga Bermanfaat

  85. Terimakasih, Semoga Bermanfaat

  86. sorry I helped to establish the link.
    your website is very good and this article is very useful.
    good luck and always success for your blogging.

  87. 1. luas
    2. tenang
    3. kagum
    4. keren, gagah, banyak, kompak, harmonis,\
    5. mendekatinya, memeriksanya kemudian berusaha untuk memanfaatkannya.
    6. memeriksanya jika aman agan diambil.
    7. saya akan mendatangi rumah itu
    8. tenang, berusaha keluar dari kabut dan mengalisa kabut dari luar

  88. sangat menyedihkan sekali,
    semoga diberikan ketabahan, dan tetap bisa menjadi anak yang pintar dan sholeh/sholehah, aamiin...

  89. selamat siang gan,
    kunjungan perdana nih,
    ijin berkomentar yaa,
    semoga blog nya makin sukses dan terus meningkat,
    ditunggu postingan selanjutnya,
    terima kasih :)

  90. Terimakasih, Semoga Bermanfaat

  91. Penyembuhan adalah soal waktu, tapi terkadang peluang ikut berperan.

  92. thank you nice and interesting information , may be useful :)

  93. sorry I helped to establish the link.
    your website is very good and this article is very useful.
    good luck and always success for your blogging.

  94. salamat sa inyo kawili-wiling impormasyon, maaaring maging kapaki-pakinabang

  95. kasian sekali,
    padahal harusnya dikasih kesempatan buat mencari ilmu, ;(
    sangat miris sekali kondisi mental orang jaman sekarang, kurang ber-pri-kemanusiaan...

  96. terima kasih atas imformasinya ini sangat bermanfaat untuk diri saya pribadi

  97. semoga pendidikan di indonesia cepat berubah dan para pemerintah menjadi pengayom masyarakat yang setia membantu.

  98. nice and interesting article . continue to maintain the quality of information and good luck .

  99. assalamu'alaikum. wr. wb.
    salam kenal, semoga sehat selalu dan sukses terus untuk blog nya. :)

  100. selamat siang gan,
    salam kenal, blogger baru nih,
    ijin berkomentar yaa, hehe...
    semoga artikelnya bermanfaat dan blognya bisa maju terus, okeh.

  101. terimakasih gan atas informasinya sangat bagus sekali

  102. zaenudin says:

    semoga adiknya bisa mendapatkan pendidikan yang terbaik

  103. halo gan, ijin berkunjung dan berkomentar nih,
    semoga bermanfaat ya,

  104. artikel-nya bagus dan bermanfaat, semoga lebih sukses

  105. hal yg tidak pernah terbayangkan kini menjadi kenyataan,dengan keluarga saya untuk AKY SANTORO kami ucapkan banyak terimah kasih karna berkat BANTUAN AKY SANTORO ALHAMDULILLAH keluarga kami bisa lepas dari segala HUTANG HUTANG. karna nomor togel yang di berikan KY SANTORO YAITU-4D. nya BENAR BENAR TERBUKTI TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN.125 juta.ALLHAMDULILLAH saya bisa menutupi semua tuhang hutang saya.dan MOTOR saya yg dulunya aku gadaikan,kini sudah di tebus kembali.dan kami juga sudah membuka usaha kecil kecilan,kami tidak menduga KY SANTORO TELAH MERUBAH NASIB KAMI DALAM SEKEJAP.dan hanya AKY SANTORO Lah DUKUN TOGEL YANG PALING BERSEJARAH DI KELUARGA KAMI.ini adalah benar benar kisah nyata dari saya.dan saya tidak malu menceritakannya.semua tentang kesusahan yg perna saya jalani.karna di situlah saya mulai berfikir bahwa mungkin masih banyak saudara kami yg membutuhkan bantuan seperti saya.yang ingin seperti saya silahkan hub AKY SANTORO DI NOMOR(_0823_1294_9955_)Atau KLIK DISINI



    DI JAMIN 100% TEMBUS.JIKA ANDA PENUH KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN SILAHKAN ANDA BUKTIKAN SENDIRI.DAN SAYA SANGAT YAKIN BAHWA ANGKA GHOIB YANG DI BERIKAN KY SANTORO DAPAT MERUBAH NASIB ANDA SEPERTI SAYA.SEBELUMNYA SAYA MOHON MAAF KALAU ADA PERKATAAN SAYA YANG KURANG SOPAN.TOLONG DI MAAF KAN.TERIMAH KASIH.THANK'Z ROOMX ZHOBATH.!!!

  106. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


  107. Sangat disayangkan pihak sekolah tidak memberikan dispensasi

  108. Terimakasih info yang anda berikan, semua ini adalah berkat usaha dan kerja keras kalian dalam
    menciptakan karya yang memang bagus dan bermanfaat bagi semua orang, good luck !

  109. halo sobat blogger.
    ijin berkunjung dan berkomentar yah, :D
    kunjungan perdana nih, salam kenal yaa... :)

  110. Anonymous says:

    Drogak eskaintzen dugu hainbat osasun-arazoak tratatzeko, hori ematen da eta haziak gaixotasuna guztiz sendatzeko daiteke droga bat erabiliz.

    Obat Epilepsi
    Obat Jantung Bocor Anak
    Obat Lipoma
    Obat Gerd
    Obat Herbal Alami

  111. Terimakasih atas semua informasinya semoga bermanfaat untuk kita semua para pembaca, dan semoga kita selalu diberi kesehatan dalam menjalankan aktifitas setiap harinya

Leave a Reply