havid personal page, Blogging resource, Computers Networking and all interest idea.

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Thumbnail Recent Post

Recent Comments

Posted by Cumie - - 63 comments

MySpaceNi judul aneh - aneh aja, pengennya saya tulis tanpa gangguan kehamilan sih. wkwkw. Ketika Saya mulai keilangan semangat blogging... selain kesibukan yang melanda saya, berbagai kejadian yang membuat saya tak bisa posting apalagi blogwalking. Saya coba pelan - pelan mengubah tampilan Jeans menjadi Black - Red, warna favorit saya, plus border gaya ketupat kayaknya baru punya saya nih yang tampil dengan gaya ketupat hehe, ada yang mau juga? Saya mulai merasa semangat lagi dan pengen berbagi lagi sama teman - teman blogger semua. Buat yang mulai merasa agak bosan dengan blognya, saya sangat menyarankan mengganti template Anda.

Kebingungan sering melanda para blogger blogspot yang mau ganti template, widgetnya pada hilang. sebenarnya simpel aja, Kita diharuskan mem-back up itu widget, hanya saja kadang kita merasa ribet. Memback-up ke notepad dulu seperti pada postingan saya dahulu, waktu baru bikin ni blog. Nah, sekarang saya memakai cara lain. Berikut cara termudahnya!!!

  • Buka halaman Layout pada halaman Page Element atau Tata Letak.
  • Klik Edit pada semua widget yang anda miliki.
  • Jika ada 10 widget, berarti akan ada 10 halaman new windows di monitor anda. Biarkan dalam posisi seperti gambar berikut.
  • Setelah Semua widget anda tampil dalam new windows. Anda bisa menuju Edit Html jangan lupa, download template anda dulu sebelum mengganti yang baru.
  • Sekarang tinggal upload template baru yang mau anda install, setelah konfirmasi biarkan konfirmasi widget bakal terhapus. pilih konfirmasi dan simpan.
  • setelah template baru terpasang, anda tinggal memilih add widget kembali pada halaman  Page Element dan mengcopy konten widget baru anda dari widget - widget lama yang tampil di new windows tadi.
  • Ada pertanyaan? atau saran lain? yang mungkin lebih mudah lagi?

Terakhir, Saya sarankan memilih template lebih kearah fungsionalnya sesuai kebutuhan. Seperti contoh, saya memilih tetap dengan dasar template jeans ini, hanya menghilangkan image dan mengganti beberapa kode saja. Karna saat saya lihat dengan layar widescreen, blog saya masih tampil melebar menyesuaikan layarnya. Juga kolom widget yang terbagi - bagi, memudahkan saya memiliki banyak widget.

63 Responses so far.

  1. Anonymous says:

    PERTAMAXXX AJA, BENSIN CUMA TURUN GOPEK.

    hihihii, sayang tutor ku ga kutambahin tentang hal ini. kl ga, cumie ilang semangat lagi buat ngeblog.wkwkkwk

    kabuurrr ah.....

  2. Anonymous says:

    Cumieeeee...apa kabaaaar (hehe, gak nyambung yach comment gue)

  3. Anonymous says:

    weh tambah maut aja nih, kang boleh kang aku belajar nih...!!!

  4. Anonymous says:

    manteb tipsnya, tambah maut aja nih jeans-nya :D

  5. Anonymous says:

    intricate lace our brotherhood

  6. Anonymous says:

    iya yah, setelah dibuka bakground commentnya emang background theme jeans. mantab!

  7. nih!! ini yg saya cari2 men. Akhirnya di posting juga ma kamu. Hehehe, salam kenal yah!!

  8. Anonymous says:

    sip markasip... infonya, berguna banget tuh buat aq yang gaptek.com hehehe
    thaks infonya ya cumie

  9. Anonymous says:

    wah templitnya...!!!
    tambah sip aja nih kang...!!!
    lho kok gak ada hubungannya ya ma postingan diatas, hehehehe kaboor aja kali

  10. Anonymous says:

    menarik dan mantep eh,
    tapi tetep saja lebih gampang wordpress ya :)

  11. Anonymous says:

    hmm, g ada tips buat wordpress ?

    hehehe

  12. Anonymous says:

    buat wordpress, tunggu saya bikin blog disana dulu haghaghag

  13. Anonymous says:

    waduh hahaha...

    iya makanya kolam ikannya jelek ! harusnya g pajang disana. cuma g tau gimana cara nempelin logo2 atau semacam ituh di wordpress :(

    padahal sudah berusaha mengotak - ngatik semuanya :(

  14. Anonymous says:

    wah, baca beginian mesti lagi fresh nih otaknya.

  15. kang cumie, aku baca dulu yah sekalian di bookmark dulu nanti mau dipelajari. thanks yah...makin mantaff aja nih tempoatnya dengan kulit yang baru kok blue jeannya gag ada sih

  16. Anonymous says:

    mantap juga nih info...
    thx for sharingnya

  17. Anonymous says:

    suerrr bro, templatenya keren banget. tengkyu buwat bocoran ilmunya. ehm, tukeran link yuk he he he ga nyambung ya :D

  18. Anonymous says:

    nambah komen: bro jelasin dong cara modif sebagian besar template yang kita pakai, kayak punya sampean ini. benre2 cool lho.

  19. Anonymous says:

    bisa juga neh dipraktekin, kalo ane biasanya backup widget2 di text editor gedit, macam notepad kalo di windowz,
    nice tips kang, thanks for sharing

  20. Anonymous says:

    jadi pengen ganti templates juga :)

  21. Riri says:

    duh bunda belum sempet ganti templete hiks..kemaren esti bedrest, ini aja dibela-belain soalnya kangen hiks

  22. Anonymous says:

    Mang,ulun pake template html,kawalah ulahakan Kode sagan navbar,please....
    http://www.isnaini.com/blogger-templates/computer-related/
    tuh template mendownloadnya,ntar padahakan cara maulah navbar,mau kada,mang?

  23. Anonymous says:

    wah kalo saya ada lg caranya nih cumie....intinya sih sama yaitu backup....ya hampir mirip sih, tapi saya copy semua widget ke dalam notepad....

  24. wah... mantab bet nie triks nya...

    Aduh bro, aku malah baru denger tuh yg namanya intense debate... ngmng2 manteb bet nie box blog nya, kek ketupat. gmn sie caranya buat box kek gini.?
    Ajari dong... he he

  25. Anonymous says:

    wahhh gitu ya caranya... selama ini aku kerepotan kalo mau ganti template makanya males kalo mau ganti lagi :)

  26. Anonymous says:

    oooh iya yah begitu caranya.........
    good info nih..
    tengkiu cumie...

  27. gara2 mo ganti2 template..dq pernah pusing 7 kliling, katanya ada error di glatnya...g ngerti deh dq..untunglah atas bantuan seorang tmn, bisa kembali normal..trims infonya bos

  28. Anonymous says:

    # ((¯`¤ WahyoE ¤´¯)) hayah gampang banged ini, cumia - moz border aja. ya nanti tak bikin postingannya. hehe

  29. Anonymous says:

    Hm, tutorial yang menarik nih. Hal yang paling menjengkelkan kalau ganti templete harus masang widget satu per satu. Oh ya mau nanya kalau edit yang telah kita lakukan di kode HTML mis penambahan meta tags, penambahan tulisan read more, emotion, dll biasanya ikut hilang juga khan, ada trik-nya enggak biar enggak hilang?
    Thanks a lot ya. Thank you juga sudah mampir ke blog saya dan memberi komentar.

  30. Anonymous says:

    # B I M pastinya hilang kalo ganti template. tapi, kalo berani edit template lewat codingnya aja tentu gak masalah. berarti ganti template cuman via cssnya aja yg di edit, widgetnya pun gak bakal menghilang hehe.. nanti saya coba bikin sedikit reviewnya.

  31. Anonymous says:

    Ada beberapa cara tentang ini, tapi sepertinya ini yang paling praktis. Great post bro, patut diuji coba segera di blog tester nih :-)
    Salam kenal, semoga sukses

  32. hehhehe paling enak emg gtu cum..kita ambil tempalet yg kita rasa pas tata letaknya, trus kita brak abrik deh gambar2 backgroundnya, iya emg msti dihapus, belum nemuu cara lain, kalo g dihapus seringganya double identifier, error deh

  33. Anonymous says:

    duh tutorialnya top markotop....sip markasip....cumie kereeeeeeeeeeeeennnnnnnnnnn

  34. cumie :-/ tumben lu bisa g semangat nge blog .. kalo ngusilin gue kok paling semangat?? hue he he

    Asik nich belah ketupat .. kalo lebaran tinggal mampir aje donk dimari? hue he he*gak nyambung*
    Trus pesenan gue mane mi .... entu yang 2 kolom jadi 3 kolom, kasih tutorialnya kek ..

    Gak sabar nech pengen belah templates ... hiks hiks

  35. Anonymous says:

    # Kuyus is kutu
    iye seneng, soalnya lo kan biang, biang olokan wkwkwkww

    apenye yang di belah? ni cumie ol dah di ym, ni baru mau bikinin template wat kamu lo yus

  36. Anonymous says:

    nah itu kalo untuk yang template beta.gmn dengan yg template classic secara daku masih pake template classic nih

  37. Anonymous says:

    makasih cumie

  38. lita.lito says:

    kok dipunya aku nggak bisa sih ?

  39. Anonymous says:

    thx... thx banget...
    dari dulu pengen tw gmn caranya gnti template tapi widget ga ilang...
    abisnya kalo widget ilang males bngt buat isi ulang wdget,,,

  40. Anonymous says:

    makasih udah mau mampir ke blog aku dan teman2...

    mengenai ganti widget,, tampilan yg kamu liat itu udah hasil ganti template lho...
    aku ngikutin tips kamu..
    total ada 12 widget, jadi ada 12 tab yg terbuka, pas edit htmlnya... aku emang sengaja pilih template yg disediain blogspot..
    pas aku preview,, widgetnya tuh keliatan semua.. ya udah aku save aja..
    dari semua langkah2 kamu kasih,, aku ga nemuin confirm penghapusan widget (yg ada paling terakhir) aku s4 bingung juga, tapi berhubung dipreviewnya ada, ya udah... lnjut terus...
    begitu aku save,, tab2 widget tadi langsung aku tutup... ga ada save2-an... hehehe...

    aneh ya??? aku juga berasa begitu... tapi thx sekali lagi tipsnya..

  41. Anonymous says:

    thank's.....bro tipsnya tapi masih belum jelas.....ntar tak coba dulu ya.... ADA YM Nya g biar komunikasi n silaturahmi semakin erat hidup blogger indonesia

  42. Anonymous says:

    hmmm...dua kali baca baru ngatri nih....kacau, makan apa sih tadi? omong-omong makisah yah

  43. Zee says:

    Thnq tipsnya aq baru ganti kulit...eh trus liat blog ini yang bisa ganti kulit tanpa kehilangan widget..jad bisa sering ganti kulit nih he.. he kayak uler aja, Makasih !

  44. Waaah, tips yang menarik. Makasih, entar dicoba.... :)

  45. Anonymous says:

    sip tips aku tahu dari panda

  46. Anonymous says:

    templatenya ringan sekali mas , kreatif banget mas ini, pantas kalau design sendri lebih bagus.

  47. waw !! !! follow blog w dunk!! pimenpimen.blogspot.com

  48. ANDIE says:

    huehehheheeh...tips simpel yg jarang nyantol di otak ku kekekeke...sip bos..salam kenal dari http://andidwih.blogspot.com

  49. Anonymous says:

    wih bagus mas tipnya.....
    tapi kalo boleh aq nambahin dikit....
    biasanya aq simpen dulu di notepad kalo perlu di save sekalian...., klo kita ganti template lagi gak perlu buka satu2, thank...
    salam kenal....dan terus berkarya.....

  50. drhyudi says:

    selamat malam......ngeliat blognya mas, buaguuus yah ane pengen juga.
    http://drhyudi.blogspot.com

  51. Unknown says:

    bos bantuin sy yah
    blogger saya tidak ada lagi tampilan expand widget dan navbar icon di dashboarnya...? bagaimana yah mengembalikannya. trmksh

  52. cumie says:

    maksudnya? kemungkinan sih template yang bang afdil gunakan itu template classic. makanya berbeda.

  53. Panca says:

    makasih banyak ilmunya, teruskan beramalnya sob. salam kenal buat semuanya...
    visit my blog di http://pancallok.blogspot.com

  54. Panca says:

    mas boleh ngga kita tukeran link ???
    klo boleh harap confirm yah, d shout box ku

  55. wahyu says:

    o iya ya? knp q g kpikiran sprti itu sblm'y y? kn g prlu cri wdget lgi! mkcih y ats pmbrithuan'y.

  56. makasih ni infonya,keren

  57. Saungweb says:

    Tips yang bagus nih sobat... ijij copas ya... kebetulan lagi cari bahan post.. thanks

  58. Info yang lagi dicari nih.. makasih ya.. boleh juga tukeran linknya ya...

  59. Sbagyo says:

    Biar judulnya aneh,tapi isinya OK banget mas.

  60. oobmam says:

    Coba dulu bro...

  61. sepertinya buat saya yang pemula ini, sangat bagus sekali untuk tau lebih banyak tentang blog. ok dech. makasih banyak atas tipsnya mas

Leave a Reply